Kumpulan Lirik Lagu Lagu Lagu dan Fungsi Lirik Terhadap Lagu

Lagu dan Fungsi Lirik Terhadap Lagu

Di saat kita berbicara tentang lagu, maka kita juga harus berbica tentang lirik dan nada. Lirik dan nada adalah dua hal yang tidak bisa di pisahkan dari lagu. Dua hal tersebut berkaitan sangat erat. Sebuah lagu tidak akan terbentuk tanpa lirik dan nada.

Lirik adalah bagian dari susunan kata yang tiap baris – barisnya memiliki rima atau persajakan tertentu. Lirik biasanya mempunyai susunan makna dan susunan bentuk. Lirik bisa di katakan mirip seperti puisi. Lirik lagu adalah sebuah rangkaian kata yang di beri nada.

Untuk menciptakan lirik lagu yang baik, maka pencipatanya harus berusaha untuk mencari inspirasi dengan berbagai cara. Inspirasi bisa di dapatkan dari kehidupan sehari – hari yang kita lalui. Inspirasi juga bisa di dapatkan berdasarkan pengalaman – pengalaman yang sudah kita dapatkan atau lalui.

Fungsi Lirik Terhadap Lagu

Lirik lagu berfungsi untuk sebagai sarana atau alat sumber informasi , edukasi dan hiburan untuk masyarkat umumnya. Lirik lagu juga berfungsi sebagai alat mengungkapkan emosi dna perasaan dengan membentuk lirik – lirik lagu yang memiliki sifat ambigu.

Lirik Lagu Menurut Para Ahli

Beberapa pendapat para ahli tentang lirik lagu.

– Jan Van Luxemburg 1989

Lirik lagu dianggap sebagai puisi, seperti defenisi dalam sebuah teks.

– Awe 2003

Lirik lagu adalah permainan vokal gaya bahasa yang berisi penyimpangan makna kata.

Makna Dari Sebuah Lagu

Untuk mendapatkan makna dari sebuah lirik lagu,maka akan di pakai metode semiotika yang berhubungan tentang sistem nada. Tanda dapat di artikan atau di pengaruhi oleh persepsi serta budaya. Tanda atau sign adalah dasar dari komunikasi menurut Little John.

Nada

Nada adalah bagian paling keci dari sebuah lagu. Nada juga dapat di artikan sebagai bunyi yang di rangkai secara beraturan dan mempunyai frekuensi tertentu. Nada sering kita kenal dengan istilah not. Beberapa Jenis Nada

1. Nada Pentatonis

Nada yang menggunkan lima nada pokok dengan jarak yang berbeda – beda. Nada pentatonis di lihat dari urutan dalam nada. Adapun yang mengandung nada pentatonis adalah tifa, gamelan, gambang kromo.

2. Nada Diatonis

Nada yang terdiri dari tujuh buah nada. Nada ini memilliki ciri khas seperti sering di perdengarkan pada musik modern atau model kontemporer. Nada diatonis di susun dalam nada do , re, mi, fa, sol , dan la.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Post

Daftar 6 Lagu Rolling Stone Terbaik Sepanjang MasaDaftar 6 Lagu Rolling Stone Terbaik Sepanjang Masa

Lagu Rolling Stone Terbaik Sepanjang Masa – Selain the beatles, The Rolling Stones adalah band besar yang berasal dari Inggris. The Rolling Stones hadir dengan blues rock yang cukup kental serta melodi gitar yang ciamik. Pertama kalinya manggung di Marquee Jazz Club di London pada tahun 1962, band legendaris ini masih aktif adakan konser hingga saat ini. Dalam merayakan tonggak sejarah situs poker eksistensi band mereka, Mick Jagger (Vokalis), Keith Richards (Gitaris), dan Ronnie Wood (Bassist), tampil kembali pertama kali untuk Tur Eropa sejak drummer kesayangan mereka, Charlie Watts meninggal pada 2021. Untuk merayakan 60 tahun perjalanan karir bermusik band legendaris ini, kami telah menyusun daftar lagu terbaik sepanjang masa versi rolling stone:

Daftar lagu terbaik sepanjang masa Rolling Stones :

1. Gimme Shelter (1969)

Termasuk salah satu lagu terbaik sepanjang masa versi Rolling Stones dari album tahun 1969. Mengungkapkan harmoni yang menenangkan namun menghantui, dan riff yang meninggi membangun ketegangan lalu melepaskannya. Lirik lagunya bermakna pengakuan realis yang melelahkan dari dunia yang penuh dengan penderitaan, mulai perang, pembunuhan, hingga perkosaan. Turut menampilkan vokal soulful dari penyanyi gospel Merry Clayton. Lagu yang bermakna cukup mendalam ini, diakui Keith Richards, memiliki sumber inspirasi awal yaitu melihat pejalan kaki yang mencari perlindungan dari hujan deras.

2. Paint It Black (1966)

Bermakna gelap dan sedih sama seperti nama judul lagu klasik ini. Liriknya menggambarkan prosesi pemakaman untuk seseorang yang dekat dengan Jagger. Dalam lagu “Paint It, petikan senar gitar yang terdengar menjadi instrumen tersendiri, dikombinasikan dengan suara sitar, yang menambah delirium yang dianggap Keith Richards sebagai borderline comedic.

Seolah nyata, lagu ini menjadi inspirasi kehidupan yang luar biasa karena memang tak mudah untuk memikirkan lagu yang mengekspresikan kesedihan. Dikatakan juga bahwa salah satu lagu terbaik sepanjang masa versi rolling stone ini ditulis dari sudut pandang seseorang yang berjuang dengan depresi setelah kehilangan. Lagu ini tampaknya telah melampaui emo story line dengan pijakan yang langgeng.

3. You Can’t Always Get What You Want (1969)

Tidak dapat disangkal bahwa slot pakai qris dana beberapa pelajaran terbesar dalam hidup paling mudah disaring melalui musik. Lagu You Can’t Always Get What You Want menjadi pilihan tepat untuk mengelola ekspektasi dan mengatasi kekecewaan. Karya Stones pada tahun 1969 dalam album Let It Bleed dengan instrument setting yang luar biasa, termasuk penambahan piano, french horn, dan London Bach Choir. Hasilnya menghasilkan lagu yang penuh kepercayaan diri, penghiburan, dan kenyhamanan yang membuat lagu ini disukai secara universal.

4. Brown Sugar (1971)

Judul lagu yang sering kali dianggap kontroversial karena menyiratkan makna perbudakan, jenis kelamin, ras, dan obat terlarang. Brown Sugar menampilkan dua elemen intrinsik dari lagu-lagu Rolling Stones paling abadi, yaitu lirik Jagger yang terkenal tabu dan lirik tajam Richards dalam memainkan riff gitar-nya.

5. Beast of Burden

Seperti halnya banyak lagu Stones lainnya, Beast of Burden merupakan lagu yang memiliki kualitas jauh di atas kompleksitasnya. Tak hanya sexy slow jam, namun vokal yang terkesan sombong dan gitar yang berinteraksi indah menjadikan lagu ini sexy slow jam. Tidak banyak hal yang bisa menggambarkan lagu yang lebih dari sekadar didengarkan, namun juga sebagai bukti bahwa penulisan lagu yang penuh perasaan dari band asal Inggris ini.

6. (I Can’t Get No) Satisfaction (1965)

lagu terbaik sepanjang masa versi Rolling Stones yang dianggap paling populer. (I Can’t Get No) Satisfaction telah didengar lebih dari 600 juta kali di platform musik Spotify dan YouTube. Lagu yang cocok diputar saat berkumpul bersama keluarga hingga berolahraga. Menjadi hits yang mencapai rekor pertama The Stones di Amerika karena benar-benar meledak dengan semangat rock and roll.

Demikianlah daftar lagu terbaik bonus new member sepanjang masa versi Rolling Stones yang bisa kamu dengarkan hingga hari ini. Satu hal lainnya yang mengagumkan dari band legendaris ini adalah, mereka memiliki frontman yang unik, tak lain adalah mick jagger. Mick Jagger dikenal sebagai vokalis sekaligus penari dengan gerakan dance yang liar di panggung. Bahkan ada lagu yang diciptakan karena terinspirasi dari aksi gila dan gaya eksplosif Jagger saat manggung, yaitu Moves Like Jagger milik Maroon 5.

4 Jenis Lagu dari Album Agnes Monica 

4 Jenis Lagu dari Album Agnes Monica 4 Jenis Lagu dari Album Agnes Monica 

4 Jenis Lagu dari Album Agnes Monica 

4 Jenis Lagu dari Album Agnes Monica  – Semua pasti setuju kalau Agnes Monica adalah salah satu penyanyi terbaik Tanah Air. Setelah bertahun-tahun membangun karir musiknya di Indonesia, kini pelantun Matahariku itu beranjak menjadi seorang penyanyi dewasa dan sudah melangkahkan kakinya di blantika musik Internasional. Bertepatan dengan hari ulang tahunnya, ada 10 lagu hits Agnes Monica sejak usia muda hingga saat ini versi kanal musik KapanLagi.com® untuk kalian. Mulai dari era Agnes yang masih berambut warna-warni, sampai kini ia memiliki otot-otot yang kekar.

4 Jenis Lagu dari Album Agnes Monica

Cinta Mati (Featuring Ahmad Dhani)

Pada tahun 2004, Agnes Monica sbobet mobile lagi-lagi membuat gebrakan di antara sederet penyanyi pop Tanah Air lainnya. Nggak main-main, ia langsung menggaet Ahmad Dhani sebagai partner kolaborasinya untuk lagu Cinta Mati.Bersama, lirik yang romantis berbalutkan musik elegan ala Dhani pun sukses merebut perhatian kawula muda Indonesia saat itu. Bahkan lagu ini sempat bertahan di puncak chart musik untuk waktu yang cukup lama.

Cintaku Diujung Jalan

Masih dengan tahun dan album yang sama, lagu bernuansa mellow dari Agnes Monica membuatnya cukup sulit untuk disaingi. Yap, lagu Cintaku Diujung Jalan jadi lagu mellow yang banyak diputar di berbagai radio Tanah Air. Dengan bergaya seperti geisha, Agnez Mo mulai menemukan karakter vokalnya. Emosi Agnes pun seolah tumpah di lagu yang didominasi oleh instrumen akustik di sepanjang lagu.

 Teruskanlah

Sepanjang tahun 2008 dan 2009 seperti menjadi masa keemasan untuk lagu-lagu galau Agnes Monica. Setelah Matahariku, single Teruskanlah yang juga bernuansa mellow itu kembali melejit. Pada klip ini, Agnes Monica tampak begitu berbeda dengan potongan rambut yang pendek. Bukan cuma itu saja, otot-otot yang sebelumnya terlihat begitu kekar di setiap penampilan Agnes pun seakan tertutup dengan gayanya yang tomboy tapi anggun.

 Paralyzed

Di tahun 2011 Agnes Monica menggandeng Beto Cohen depo 25 bonus 25 untuk menangani single yang berjudul Paralyzed. Boleh dibilang lagu ini menjadi titik awal Agnes menunjukkan transformasinya sebagai penyanyi papan atas Tanah Air.Dengan konsep yang cukup berbeda dari kebanyakan penyanyi di blantika musik Tanah Air, Agnes Monica memberikan aksi dance yang sangat enerjik dan warna musik yang jelas jauh berbeda dari kebanyakan lagu-lagu sebelumnya. Single Paralyzed juga masuk dalam tracklist album yang berjudul AGNES IS MY NAME.

Sejarah Lagu dan Bagian - Bagian Pada Lagu

Sejarah Lagu dan Bagian – Bagian Pada LaguSejarah Lagu dan Bagian – Bagian Pada Lagu

Sejarah Lagu dan Bagian – Bagian Pada Lagu – Lagu adalah bagian dari sebuah karya seni yang di ciptakan oleh manusia. Lagu sendiri juga di ciptakan karna masyarakat juga membutuhkan keberadaan lagu di kehidupan masyarakat kini. Lagu di gunakan manusia sebagai salah satu bentuk mengungkapkan perasaan yang terkadang sulit untuk di sampaikan beberapa orang kepada orang – orang tertentu.

Sejarah Lagu

Keberadaan lagu pertama kali ada berasal dari daerah Timur Tengah. Lagu pertama di buat pada 3.400 atau 4.000 tahun yang lalu. Lagu pertama dunia berjudul Hymn to Creation. Lagu Hymn To Creation pertama kali di buat menggunakan bahasa Cuneiform, bahasa yang di gunakan oleh masyarakat Mesopotamia. Mesopotamia sendiri di kenal sebagai negar Irak.Sejak saat itu lagu pun ikut berkembang seiring dengan perkembangan zaman.

Bagian yang Terdapat dalam lagu

Setelah liri di rangkai dari sata kata menjadi satu kalimat yang bagus, proses terbentuknya lagu tidak cukup sampai di situ. Lagu juga ternyata memiliki susunan – susunan atau bagian – bagiannya sesuai dengan fungsinya masing – masing.

Struktur Lagu

1. Intro

Fungsi dari Intro di sini adalah untuk memberikan waktu bagi penyanyi untuk mempersiapkan diri sebelum lagu di mainkan. Intro adalah awal dari sebuah lagu.

2. Bridge

Bridge berfungsi sebagai jembatan dalam menghubungkan bagian – bagian lainnya yang terdapat dalam lagu tersebut.

3. Reffrain

Reffrain sendiri adalah bagian dari pesan atau inti utama dari cerita yang ada atau yang di sajikan dalam sebuah lirik.

4. Verse

Lagu yang baik adalah lagu yang memiliki verse yang harmonik dan melodik.

5. Modulasi

Modulasi terjadi setelah chorus dan di iringi ole bridge. Modulasi di anggap mampu menciptakan klimaks yang tinggi dalam sebuah lagu.

6. Interlude

Fungsi dari interlude adalah bagian yang menyambungkan verse dengan verse atau menghubungkan bagian bridge dengan bagian chorus.

7. Chorus

Yang di sebut sebagai bagian dari interval sebuah lagu adalah chorus. Nada yang terdapat pada chorus pun biasanya lebih meningkat dari pada nada di bagian verse.

8. Outro

Bagian akhir dalam sebuah lagu yang berisi instrumen musik di sebut dengan Outro. Nada yang di gunakan juga berbeda dengan nada sebelumnya.